Wednesday, July 27, 2011

LOVE atau LOVING?

I'M LOVING IT.
Pasti pernah baca kalimat itu kan? Betul, di iklan TV sering muncul, di jalan-jalan juga banyak, itu tagline warung makan yang jualan burger cepat saji. Tau kan? Tau donk. Emang kenapa? Kita mau ngomongin sesuatu, tapi bukan bahas burgernya...sudah kenyang..heu.

Well, kalimat “I'm loving it.” tuh secara tata bahasa Inggris sebenarnya kurang tepat. Seharusnya cukup, “I love it.”

Oh? Sebab kata LOVE itu termasuk dalam geng STATIVE VERBS, yakni geng kata kerja yang tidak boleh di-ing kan, kok gak boleh? Iya, sebab maknanya mengacu pada kondisi, situasi atau status (bukan tindakan). Kata LOVE itu satu geng dengan kata WANT dan KNOW...coba liat contoh, kerasa gak enak kan kalo kita bilang:

I am wanting to eat Durian now.
atau
She will be knowing it.

Karena yang tepat adalah:
I want to eat Durian now.
atau
She will know it.

Hadoooh, terus kenapa tuh tukang burger salah bikin kalimatnya, padahal kan dari Amrik. yaah biasaaaaaa...untuk tujuan komersial emang kudu beda..huhu..soktahu pisan.

Oh, okeh, okeh jadi LOVE, WANT, HATE itu adalah tiga kata kerja yang gak boleh dalam bentuk continuous ya? Eits..bukan hanya tiga, temen-temennya banyak! Ini dia daftar lengkap stative verbs yang perlu dihapal..hihi

like; know; belong; love; realize; fit; hate; suppose; contain; want; mean; consist; need; understand; seem; prefer; believe; depend; agree; remember; matter; mind; recognize; see; own; appear; look (=seem); sound; taste; smell; hear; astonish; deny; disagree; please; impress; satisfy; promise; surprise; doubt; think (=have an opinion); feel (=have an opinion); wish; imagine; concern; dislike; be; have; deserve; involve; include; lack; measure (=have length etc); possess; owe; weigh (=have weight).

Oughrrr?? Kalem, jangan stress dulu. Gak mesti dihapalin lah, rajin-rajin aja bikin kalimat dengan verbs tersebut ^^

4 comments:

Unknown said...

looking for itu gmana teh...?

dponz said...

what a nice blog sista..gud job..u are one of the candidates young writer..hehe (bener ga ya nulisna)

i k a h said...

unknown: maksudnya apa yah?
looking for itu mencari?heheh

dponz: young writer candidates teh,
wuaaw..aamiin, ikah awet muda memang..hiyhiyhiy

Penerjemah Tersumpah said...

Ini adalah bentuk transkreasi