Tuesday, March 1, 2011

NYURUH ORANG AJAH!

Pasti sudah tau kalau kata HAVE itu artinya 'mempunyai',
misal dalam kalimat:
I HAVE A VERY PRETTY WIFE (Saya punya istri yang cantik sekali)

HAVE juga bisa diartikan 'telah',
misal dalam kalimat:
I HAVE GOT MARRIED (ya iyalah wong dah punya istri!..hehe)

Terus pasti sudah pada tau juga yah kalau kata GET itu artinya 'memperoleh' atau 'mendapatkan'
misal dalam kalimat:
I GET THE MAGAZINE EVERYDAY (Saya dapet majalahnya tiap hari.)

Nah di sini, kita akan tahu juga ternyata HAVE dan GET juga bisa dipakai bukan dengan arti-arti seperti kalimat di atas, tapi untuk mengungkapkan bahwa suatu pekerjaan dilakukan oleh orang lain, bukan kita (jadi kaya nyuruh orang gitu atau kita perlu bantuan orang lain atau kita memakai jasa orang lain atau orang lain melakukan suatu pekerjaan untuk kita) Jelas lah ya.

Yuk kita bandingkan pasangan-pasangan kalimat berikut:

I HAVE MY HAIR CUT (saya cukur rambut di tukang cukur, yang nyukur rambut siapa? Tukang cukur kan?)
I CUT MY HAIR (saya mencukur rambut saya)

SHE GOT HER GOWN MADE (Dia menyuruh orang membuatkan gaunnya, bisa ibunya, bisa tukang jahit, pokoknya orang lain)
SHE MADE HER GOWN (Dia membuat sendiri gaunnya)

ASEP HAD HIS TOOTH PULLED OUT (Asep ke dokter gigi atau puskesmas atau klinik, buat cabut gigi)
ASEP PULLED HIS TOOTH OUT (Asep mencabut giginya sendiri)

WE GOT THE ROOM PAINTED (Kami membayar/menyuruh orang utnuk mengecat kamar itu)
WE PAINTED THE ROOM (kami mengecat kamar itu sendiri)

I HAVE THE DINNER COOKED (Makan malam saya disiapkan orang lain, bisa pembantu, bisa koki)
I COOK THE DINNER (Saya memasak/menyiapkan makan malam saya sendiri)

Jadi sekarang hati-hati ya kalo menggunakan kata HAVE atau GET.
Alhamdulillah, kita sudah belajar sedikit tentang CAUSATIVE.
Jadi kalo sebenernya kalimat yang akan diungkapkan bermakna suruhan, tapi kita masih pake kalimat-kalimat jenis kedua...yaa cuape dech!
Eh, mau nanya engga? hehe

Written in Feb 2009

No comments: